Kebiasaan melihat ponsel sebelum tidur memberikan dampak negatif.


VIVA.co.id - Kebiasaan melihat ponsel sebelum tidur ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Seorang psikiater ahli di UCLA School of Medicine, Dr. Dan Siegel menjelaskan kalau semua efek negatif, dari melihat ponsel sebelum tidur dapat memberi pengaruh buruk pada otak dan tubuh kita.

Saat kita melihat ponsel menjelang tidur, radiasi cahaya dari layar ponsel secara otomatis memberikan perintah kepada otak untuk tetap terjaga. Perintah yang diterima oleh otak kita seolah-olah mengatakan kalau ini belum saatnya tidur, walaupun pada saat itu waktu sudah menjelang dini hari.

Cahaya yang dipancarkan dari ponsel anda akan membuat otak terus terjaga dan tidak akan muncul rasa kantuk. Rata-rata orang yang cenderung melihat ponsel menjelang tidur baru akan tertidur di atas tengah malam, dan hanya memperoleh jam tidur efektif selama 5 jam.

Pada saat tidur, semua neuron dalam otak akan beristirahat, dan ada sel pendukung yang disebut sel Glial yang akan bekerja membersihkan semua racun yang dihasilkan oleh neuron. Waktu yang dibutuhkan sel Glial untuk membersihkan racun dalam otak secara sempurna adalh 7-9 jam. Itu artinya jika anda cenderung memiliki waktu tidur efektif hanya 5 jam maka sel Glial tidak akan bekerja dengan sempurna.

Sebagian besar manusia memerlukan waktu tidur 7-9 jam setiap harinya. Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan kurang konsentrasi, gangguan pada daya ingat, kemampuan memecahkan masalah berkurang, produksi insulin dalam tubuh pun menurun, munculnya rasa lapar yang dapat membuat Anda makan di malam hari.

Jadi mulailah hidup sehat dengan waktu tidur yang cukup dan hindari melihat ponsel menjelang tidur, yang dapat menghilangkan rasa kantuk.

Sumber : viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger TemplateGet Rich Event © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top