kembali lagi bersama sy..

sahabat blogger pasti pernah mendengar TKDN bagi yang belum sy akan menjelaskan
TKDN adalah tingkat kandungan dalam negeri. yaitu, aturan yang direncanakan pemerintah untuk dilaksanakan 2017 mendatang.
Jadi, smartphone 4G manapun yang berasal dari luar, harus memiliki kandungan konten lokal sebesar 40% .

baiklah ini berita menarik yang saya dapatkan di inet.detik.com




Jakarta - Apple dikabarkan semakin kencang menolak rencana pemerintah Indonesia terkait kebijakan 40% konten lokal dalam aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat 4G yang disepakati oleh tiga kementerian.

Aturan yang tengah difinalisasi agar bisa dieksekusi per 1 Januari 2017 oleh Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan ini terus mendapat tentangan.

Apple melalui perwakilan kamar dagang industri di Amerika Serikat secara terang-terangan tidak menyetujui aturan TKDN ini. Mereka bahkan terus memberikan tekanan agar kebijakan itu dibatalkan.

Menanggapi hal itu, Menkominfo Rudiantara mengaku tak mempermasalahkan penolakan Apple tersebut. Menurutnya, kebijakan ini tak perlu diikuti Apple jika memang tak mau berbisnis di Indonesia.

Ia pun menegaskan, kebijakan ini tak akan merugikan siapa pun. Justru sebaliknya, aturan ini justru akan melindungi kedua belah pihak. Lagipula, aturan ini juga telah mendapat dukungan lewat konsultasi publik.

"Apple nolak ya kita tidak masalah. Itu hak mereka. Tapi pada akhirnya kalau di bisnis itu melihatnya, kalo ada untung sedikit, pasti akan masuk juga," ujar pria yang kerap disapa Chief RA ini saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Rencananya, Menkominfo akan menandatangi Peraturan Menteri Kominfo soal TKDN pada Juni ini. Setelah itu, aturan ini akan disinergikan lagi dengan Peraturan Menteri dari dua kementerian lainnya.

"Tinggal duduk sekali lagi dengan Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian. Ini bukan finalisasi, tapi melihat kesiapan di masing-masing bagian," pungkas Chief RA di sela acara smart city.


seperti yang sahabat blogger baca diatas, Apple bersikeras menolak kebijakan yang dibuat pemerintah indonesia. Menurut saya, Apple takut kualitas barang produksi-nya menurun.seperti yang kita ketahui kualitas smartphone besutan Apple selalu dianggap seperti premium , mungkin mereka meggunakana bahan yang benar-benar berkualitas dan telah di uji.

itu cuman pendapat saya.. no offense :D


Sumber : inet.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger TemplateGet Rich Event © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top